Pengembangan pariwisata di Palangka Raya harus sejalan dengan kesejahteraan UMKM

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Mukarramah, Palangka Raya, Kalteng

Pengembangan pariwisata di Palangka Raya harus sejalan dengan kesejahteraan UMKM

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Mukarramah. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Mukarramah menekankan pentingnya sinergi antara sektor pariwisata dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Seharusnya upaya pengembangan sektor pariwisata yang dilakukan pemerintah kota, dapat membuat kesejahteraan para pelaku UMKM di daerah ini menjadi meningkat," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dia mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Palangka Raya yang selama ini terus mendukung perkembangan UMKM, termasuk penyediaan bantuan modal. Hanya saja, dia menekankan pentingnya regulasi yang tepat dari pemerintah kota, agar bantuan modal benar-benar bermanfaat dan tidak memberatkan masyarakat.

"Saya berharap bantuan modal ini diberikan dengan aturan yang tepat, seperti program pinjaman tanpa bunga dari bank atau subsidi pemerintah yang dapat mendukung permodalan UMKM," ucapnya.

Mukarramah menjelaskan bahwa perkembangan pariwisata dan UMKM merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebab apabila sektor pariwisata maju, UMKM juga akan berkembang, terutama di sekitar destinasi wisata.

Dia mengungkapkan bahwa ketika wisatawan berkunjung ke suatu daerah, mereka tentu membutuhkan berbagai macam produk dan jasa, yang dapat dipenuhi oleh UMKM lokal.

"Pariwisata ini dapat menjadi penggerak utama bagi pertumbuhan UMKM. Hal ini akan menciptakan peluang pasar yang luas bagi para pelaku UMKM," ujarnya.

Baca juga: Satpol PP Palangka Raya tertibkan baliho kedaluwarsa

Srikandi partai Nasdem ini menekankan bahwa peran pemerintah dalam mengatur dan mengembangkan destinasi wisata, agar UMKM di sekitarnya juga bisa tumbuh dengan optimal.

Dirinya pun berharap, dengan perencanaan matang yang dilakukan oleh pemerintah kota, UMKM Kota Palangka Raya bisa berkembang seperti kota-kota besar lainnya. Sebab, pemerintah harus menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan UMKM di sekitar destinasi wisata.

"Ini dapat dilakukan dengan menyediakan infrastruktur yang memadai, seperti akses jalan, listrik, dan air bersih, serta memberikan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM," demikian Mukarramah.

Baca juga: Berikut penjelasan lokasi tes CPNS Barut dipindah ke Palangka Raya dan Banjarbaru

Baca juga: Lindungi aset menggunakan asuransi untuk cegah kerugian kebakaran

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta kembangkan pariwisata berbasis komunitas