Gerakan Pangan Murah warnai Hari Pangan Sedunia di Gumas

id gerakan pangan murah gumas, pemkab gunung mas, pengendalian inflasi, hari pangan sedunia, kuala kurun, gumas

Gerakan Pangan Murah warnai Hari Pangan Sedunia di Gumas

Suasana GPM di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Rabu (16/10/2024). (ANTARA/HO-DPKP Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) menggandeng Perum BULOG Kuala Kurun melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di dua desa/kelurahan, dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-44.
 
Kepala DPKP Gumas Eigh Manto saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis, mengatakan GPM dalam rangka menyambut HPS telah dilaksanakan di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir dan Desa Tanjung Riu Kecamatan Kurun.
 
“GPM dalam rangka HPS di Tampang Tumbang Anjir dilaksanakan pada Rabu (16/10) pagi, kemudian berlanjut di Tanjung Riu di hari yang sama pada siang hari,” ungkapnya.
 
Ada beragam komoditas yang dijual pada pelaksanaan GPM dalam rangka HPS, antara lain beras SPHP yang dijual Rp62 ribu per lima kilogram, minyak goreng Rp18 ribu per liter, gula Rp17 ribu per kilogram, dan ikan patin Rp26 ribu per kilogram.
 
Kemudian bawang merah Rp14 ribu per 0,5 kilogram, bawang putih Rp19 ribu per 0,5 gram, telur ayam ras Rp55 ribu per tabak, dan lainnya. Harga yang dikenakan lebih murah antara Rp1.000 hingga Rp5.000 jika dibandingkan dengan harga di pasar.
 
Saat pelaksanaan GPM di Tampang Tumbang Anjir dan Tanjung Riu, beras SPHP yang disiapkan adalah sebanyak 200 sak lima kg, gula 200 kg, minyak goreng 100 liter, bawang merah 70 kg, bawang putih 50 kg, telur ayam ras 35 tabak, ikan patin 95 kg.

Baca juga: Legislator Gumas pastikan peningkatan jalan lingkungan Dahian Tambuk terlaksana
 
Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Frinetha menambahkan, GPM merupakan program nasional, yang menjadi salah satu instrumen pemerintah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok, dalam rangka menjaga stabilitas dan ketersediaan pangan, juga keterjangkauan harga pangan.
 
Pada Maret 2024 lalu, Pemkab Gumas sudah melaksanakan GPM di berbagai desa/kelurahan, yakni di Jalemu Masulan Kecamatan Rungan Barat, Talangkah Kecamatan Rungan, dan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara.
 
GPM berlanjut pada Juli 2024 di Tumbang Sian Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Tumbang Lapan Kecamatan Miri Manasa, dan Hujung Pata Kecamatan Rungan Barat.
 
Kemudian GPM kembali dilaksanakan pada Agustus 2024 di Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu dan Tumbang Napoi Kecamatan Kahayan Hulu Utara.
 
“Pada 11 Oktober 2024, GPM dilaksanakan di Bereng Malaka Kecamatan Rungan. Rencananya GPM akan kembali dilaksanakan di Desa Tuyun dan Desa Tumbang Empas Kecamatan Mihing Raya, Senin (21/10) mendatang, masih dalam rangka memperingati HPS ke-44” demikian Frinetha.

Baca juga: Pemkab Gumas gandeng LPPM UPR susun potensi produk unggulan daerah

Baca juga: DPU Gumas rekonstruksi sejumlah ruas jalan di Kuala Kurun

Baca juga: Polres Gumas gelar Operasi Zebra Telabang jelang pelantikan Presiden