PWI dan DAD sepakat ikut jaga suasana kondusif di Murung Raya

id Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Murung Raya, PWI Kabupaten Murung Raya, Dewan Adat Dayak Kabupaten Murung Raya, DAD Kabupaten Murung Raya, Kali

PWI dan DAD sepakat ikut jaga suasana kondusif di Murung Raya

Ketua dan pengurus PWI Murung Raya berfoto bersama Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten setempat usai acara pertemuan, di Puruk Cahu, Jumat (6/8). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu, Kalteng (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dewan Adat Dayak Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, sepakat untuk ikut serta bersama-sama menjaga suasana kondusif di wilayah setempat.

Kesepakatan itu setelah Pengurus DAD Murung Raya berkunjung ke Sekretariat PWI setempat di Puruk Cahu, Jumat. Di mana kunjungan yang dipimpin Sekretaris Umum DAD Murung Raya Herianson Silam bersama Ketua I Gad F Silam, Ketua III Bertho Koling Kodrat dan Kepala Sekretariat Muslim Mualim disambut Ketua PWI Murung Raya Reno beserta para anggotanya.

Sekretaris Umun DAD Herianson mengatakan, kunjungan pihak dalam rangka audensi dengan PWI terkait beberapa hal yang diantaranya terkait rencana pembangunan rumah betang dan juga izin atau rekomendasi penyelenggaraan kegiatan adat dimasa pendemi.

"Rencananya untuk anggaran perubahan tahun ini pembangunan rumah betang terbesar, termegah dan terunik di Kalimantan Tengah akan mulai pengerjaannya di Murung Raya," ungkap Herianson.

Menurut Herianson rumah betang itu nanti akan dijadikan sebagai pusat kegiatan budaya dayak, wisata, rekreasi, pendidikan serta musium.

"Terkait rekomendasi penyelenggaraan kegiatan adat, sejak adanya pandemi COVI-19 pihak DAD selalu mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak mengeluarkan izin atau lain sebagainya kepada masyarakat agar jangan dulu membuat kegiatan adat yang sifatnya mengumpulkan orang banyak," jelas Herianson.

Baca juga: Vaksinasi massal di Murung Raya diikuti 1.100 orang

Dikatakan Herianson juga, pihaknya meminta agar PWI bisa menjaga kondusifitas daerah sehingga apa yang sudah direncanakan maupun apa sudah dilakukan oleh pihak DAD Murung Raya kedepan bisa didukung dan bisa terlaksana.

Sementara itu Ketua PWI Mura, Reno menyambut baik atas kedatangan pihak pengurus DAD Mura dan mendukung upaya pihak DAD dalam rangka turut membangun Kabupaten Murung Raya sesuai dengan tugas dan fungsinya.

"Kita selama ini sudah menjadi salah satu mitra terbaik pemerintah. Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan pihak DAD ini hasilnya akan berdampak positif bagi daerah kita kedepan," demikian Reno.

Baca juga: DPRD Murung Raya minta kades baru dilantik cepat beradaptasi