Pemkot tingkatkan kolaborasi kendalikan inflasi di Palangka Raya

id tpid,inflasi,palangka raya,kalteng

Pemkot tingkatkan kolaborasi kendalikan inflasi di Palangka Raya

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu (dua kiri) bersama jajaran melakukan rapat koordinasi pengendalian inflasi. (ANTARA/HO-Protokol Komunikasi Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), meningkatkan kolaborasi antardinas dan badan di lingkup pemerintah setempat dalam upaya mengendalikan inflasi.

"Kolaborasi ini untuk memperkuat program dan meningkatkan efektivitas pengendalian inflasi dari berbagai sektor," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Selasa.

Bentuk kolaborasi ini antara lain saat Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) menggencarkan operasi pasar murah, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) melakukan gerakan menanam tanaman hortikultura.

Kemudian Dinas Perikanan menyalurkan berbagai bentuk bantuan baik sarana dan prasarana kepada para nelayan dan pembudidaya yang diperkuat penebaran bibit ikan di perairan umum.

"Dalam sisi pengawasan DPKUKMP juga melibatkan aparat penegak hukum untuk memastikan pasokan, rantai pasok, dan harga bahan pangan di pasaran tidak dipermainkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," kata Hera.

Dia menambahkan, salah satu program unggulan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam upaya pengendalian inflasi secara berkesinambungan adalah dengan mendirikan Gerai Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Eka Pandohop.

"Gerai TPID Eka Pandohop ini sebagai upaya pengendalian inflasi dan untuk menstabilkan harga bahan komoditas di Kota Palangka Raya," kata Penjabat Wali Kota Palangka Raya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya salurkan beras CPP kepada 7.875 penerima manfaat

Dia menerangkan, Gerai TPID Eka Pandohop ini menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat mulai dari beras, minyak goreng, gula, tepung, mie instan serta berbagai kebutuhan rumah tangga lain.

Di gerai yang berpusat di Pasar Kahayan Jalan Tjilik Riwut kilometer 1,5 Kota Palangka Raya ini sebagian bahan pangan kebutuhan pokok disiapkan Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Harga semua produk yang dijual mengacu pada harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Artinya, gerai ini juga sebagai salah satu layanan pemerintah kepada masyarakat," kata Hera.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya hapus denda pajak bumi dan bangunan

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tingkatkan pengawasan objek wisata selama Imlek

Baca juga: DPKUKMP Palangka Raya gencarkan sidak harga sembako di sejumlah pasar