Ini manfaat susu untuk tumbuh kembang anak

id Susu,tumbuh kembang anak

Ini manfaat susu untuk tumbuh kembang anak

Ilustrasi seorang anak tengah meminum susu. (ANTARA/Ist)

Jakarta (ANTARA) - Ahli kulinologi Hindah J. Muaris menyampaikan bahwa susu termasuk sumber protein hewani yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh dan kembang optimal anak.

Mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2019 tentang angka kecukupan gizi yang dianjurkan untuk masyarakat Indonesia, Hindah mengatakan bahwa anak usia enam sampai 12 tahun membutuhkan 40 sampai 55 gram protein setiap hari.

"Kebutuhan asupan protein itu diantaranya bisa dipenuhi dengan minum susu," kata Hindah sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Lulusan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor itu mengatakan bahwa kalsium dalam susu juga dibutuhkan dalam pembentukan struktur tulang.

Di samping itu, menurut dia, susu mengandung zat gizi mikro seperti vitamin C, zat besi, zinc, dan asam folat yang diperlukan untuk mendukung perkembangan otak anak.

Baca juga: Rendahnya asupan protein hewani sebabkan stunting pada anak

Direktur Ilmu Medis Danone Indonesia Ray Wagiu Basrowi menyampaikan bahwa susu dapat menjadi "pengantar" gizi yang baik bagi anak.

"Protein hewani terbukti merupakan vehicleatau kendaraan yang baik untuk penyerapan zat-zat gizi yang penting untuk tumbuh kembang si kecil," kata Ray.

Dia juga menyampaikan bahwa pemberian susu dapat membantu mengurangi risiko anak mengalami kekurangan gizi dan anemia.