Disperindagkop Kobar upayakan peningkatan kewirausahaan masyarakat

id DisperindagkopKobar upayakan peningkatan kewirausahaan masyarakat, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, ekonomi

Disperindagkop Kobar upayakan peningkatan kewirausahaan masyarakat

Kegiatan Pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM hari kedua, Rabu (14/8/2024) ANTARA/HO-Istimewa

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah terus berupaya dalam meningkatkan kewirausahaan masyarakat di wilayah setempat.

"Salah satu upaya kita yaitu ke depannya agar lebih banyak lagi menganggarkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat di Kabupaten Kobar, sehingga kewirausahaan terus berkembang," kata Kepala Bidang UMKM Disperindagkop-UKM Kobar Maryami di Pangkalan Bun, Kamis.

Hal tersebut disampaikan bersamaan dengan pihaknya melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kobar, mulai tanggal 13-15 Agustus 2024.

Maryami mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk lebih memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat di Kabupaten Kobar dan juga sebagai upaya pemerintah daerah dalam menanggulangi pengangguran di Kabupaten Kobar.

Baca juga: Disperindagkop UKM Kobar tingkatkan perekonomian masyarakat melalui pelatihan kewirausahaan

“Kita patut berbangga karena dari tahun ke tahun tingkat pengangguran di daerah kita ini terus mengalami penurunan, dan yang menjadi salah satu faktor mempengaruhi menurunnya tingkat pengangguran tersebut adalah karena semakin berkembangnya kewirausahaan di Kabupaten Kobar," ucapnya.

Dia menyampaikan, dirinya mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Kobar untuk terus menggalakkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat.

"Sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan akan terus semakin berkurang di Kobar," disampaikannya.

Maryami menambahkan, dirinya meminta kepada para pelaku UMKM untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut secara serius dan sungguh-sungguh, dengan mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan.

"Karena pelatihan ini tentunya lebih menekankan pada pembentukan keterampilan, praktik (skill), yang kelak akan menjadi dasar keterampilan bagi peserta untuk berwirausaha," demikian Maryami.

Baca juga: Sekda Kobar yakin pramuka mampu jadi pilar negara mewujudkan Indonesia emas

Baca juga: Inovasi Budi Santosa pimpin Pemkab Kobar lahirkan banyak penghargaan

Baca juga: Pemkab Kobar raih UHC award 2024 kategori Madya