Pemprov Kalteng optimalkan publikasi tiap OPD pacu pengetahuan masyarakat

id pemprov kalteng, diskominfosantik, publikasi program pemerintah, pengetahuan masyarakat, tingkat kepuasan masyarakat, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng optimalkan publikasi tiap OPD pacu pengetahuan masyarakat

Kadiskominfosantik Kalteng Agus Siswadi. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Diskominfosantik Kalteng melaksanakan Forum Pertemuan Kontributor MMC Kalteng dan Admin Media Sosial Pemerintah di Palangka Raya, Senin, sebagai salah satu upaya meningkatkan publikasi program-program pemerintah tersebut.

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya Pemprov Kalteng memacu publikasi program-program yang dilaksanakan melalui perangkat daerah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan di daerah.
 
"Kami mengajak perangkat daerah lingkup Pemprov Kalteng lebih aktif mempublikasikan kegiatan dan program prioritas yang dilakukan," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng Agus Siswadi.

Baca juga: Forsesdasi Kalteng diharap dukung pemda pacu kesejahteraan masyarakat
 
Agus Siswadi memaparkan berdasarkan hasil survei per Juli 2024, tingkat pengetahuan masyarakat tentang program pembangunan yang dilakukan perangkat daerah Kalimantan Tengah sebesar 52 persen, dan tingkat kepuasan masyarakat 82 persen.
 
"Artinya jika tingkat pengetahuan bisa lebih tinggi lagi, maka tingkat kepuasan bisa semakin meningkat," ujar Agus.
 
Untuk itu, dia mengatakan, ragam program maupun kegiatan setiap dinas ataupun perangkat daerah sudah seharusnya senantiasa dipublikasikan kepada masyarakat.
 
Optimalisasi publikasi ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, portal ataupun situs web pemerintah, sehingga masyarakat mengetahui serta memahami kegiatan dan program yang dijalankan, baik tujuan, fungsi, hingga manfaat yang didapat.
 
"Jadi apa saja program dan kegiatan yang dilakukan setiap dinas harus dipublikasikan, baik melalui media sosial dan portal pemerintah daerah atau portal OPD masing-masing," pintanya.
 
Agus pun menekankan pelaksanaan forum hari ini agar menjadi saran dalam meningkatkan sinergi serta kolaborasi diseminasi informasi maupun komunikasi publik Pemprov Kalteng.

Baca juga: Perangkat desa di Benangin ini terbantu JKN jalani pengobatan diabetes

Baca juga: Ikuti Pilkada 2024, sejumlah pejabat Pemprov Kalteng ajukan pengunduran diri

Baca juga: Bantu masyarakat, Pemprov Kalteng tingkatkan rasio elektrifikasi menuju 100 persen