BPBD Murung Raya ingatkan warga waspada kebakaran lahan dan permukiman

id BPBD Murung Raya ingatkan warga waspada kebakaran lahan dan permukiman, Kalteng, Mura, murung raya

BPBD Murung Raya ingatkan warga waspada kebakaran lahan dan permukiman

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya, Kariadi saat sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya kebakaran lahan dan permukiman di Puruk Cahu, Kamis (5/8/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah mengingatkan masyarakat di wilayah setempat agar mewaspadai kebakaran lahan dan permukiman.

"Hal tersebut mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu dalam satu minggu terakhir ini," kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya, Kariadi di Puruk Cahu, Kamis.

Kariadi menjelaskan, dalam seminggu terakhir ini curah hujan turun mulai berkurang. Oleh karena itu masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran lahan dan pemukiman.

"Dalam minggu ini di daerah kita curah hujan berkurang dan cuaca panas mengakibatkan kekeringan. Tentu kondisi ini kita semua harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran," ucapnya.

Dikatakannya, meskipun Kabupaten Murung Raya saat ini masih relatif aman dari bahaya kebakaran hutan dan lahan, tetapi Kariadi meminta masyarakat Murung Raya tetap waspada dan segera melaporkan bila terjadi potensi kebakaran.

"Untuk itu bagi masyarakat lebih berhati-hati dan waspada, dan api kompor dapur dan alat elektronik yang menggunakan listrik agar dipastikan padam sebelum bepergian maupun tidur malam," terangnya.

Baca juga: Pokja Bunda PAUD 10 kecamatan di Murung Raya dikukuhkan

Kariadi menambahkan, memasuki musim kemarau saat ini, pihaknya telah melakukan persiapan untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang biasa terjadi jika musim kemarau.

Untuk mencegah kebakaran menurut dia, tidak hanya perlu kesigapan petugas, akan tetapi harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat itu sendiri.

Kariadi menambahkan, dari kesadaran masyarakat itu sendiri, tentunya upaya mencegah terjadinya bencana kebakaran lahan dan di permukiman bisa dicegah, sehingga musim kering yang saat ini sedang dilalui tanpa adanya kejadian kebakaran.

"Jangan membakar sembarangan, baik sampah serta lainnya dan harus diawasi, sedangkan membuka lahan dengan cara dibakar kami minta jangan sampai dilakukan. Tetap patuhi protokol kesehatan atau prokes jika keluar rumah," tandasnya.

Baca juga: Bupati Murung Raya lantik 62 kepala desa hasil pilkades serentak

Baca juga: PWI ikut rayakan Hari Jadi Murung Raya

Baca juga: DPRD harapkan Murung Raya lebih mandiri