Gumas perkuat koordinasi Pokjanal Posyandu wujudkan generasi muda berkualitas

id Gumas perkuat koordinasi Pokjanal Posyandu wujudkan generasi muda berkualitas, kalteng, gumas, gunung Mas

Gumas perkuat koordinasi Pokjanal Posyandu wujudkan generasi muda berkualitas

Sekretaris Daerah Gunung Mas Yansiterson saat membuka rapat Pokjanal Posyandu tingkat kabupaten di Kuala Kurun, Senin (13/6/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas

Kuala Kurun (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Yansiterson mengatakan bahwa penyelenggaraan pos pelayanan terpadu (posyandu) yang baik akan membuat pemenuhan kebutuhan dasar serta pengembangan anak turut menjadi baik.

Namun sebaliknya, jika kinerja posyandu tidak baik maka status gizi anak dan perkembangan anak akan terganggu, kata Yansiterson saat membuka rapat Pokjanal Posyandu Kabupaten Gunung Mas di Kuala Kurun, Selasa.

“Untuk itu, semua pihak harus mendukung operasionalisasi Posyandu, sebagai tempat berintegrasinya keswadayaan masyarakat dalam peningkatan tumbuh kembang bayi, supaya pada saatnya nanti mereka menjadi tunas-tunas bangsa yang berkualitas,” sambungnya.

Dia menyebut, kegiatan yang dilaksanakan Senin (13/6) itu bertujuan untuk memperkuat koordinasi antara Pokjanal Posyandu dalam kaitannya dengan pembinaan dan pengembangan posyandu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Melalui kegiatan ini para pemangku kepentingan diharapkan sungguh-sungguh melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mengoptimalkan kinerja dan mengembangkan program posyandu. Tujuannya nantinya pelayanan kesehatan dan sosial dasar masyarakat pada tingkatan paling bawah dapat terpenuhi.

Baca juga: Gunung Mas siap pecahkan rekor MURI spanduk melawan narkoba

Dikatakan olehnya, rapat Pokjanal Posyandu Kabupaten Gunung Mas mempunyai tujuan di antaranya meningkatkan kualitas manajemen Pokjanal Posyandu, serta membahas pelaksanaan pengembangan pengintegrasian layanan sosial dasar melalui posyandu.

“Layanan sosial dasar melalui posyandu yang dimaksud di sini meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial,” paparnya.

Tujuan lainnya adalah menyamakan persepsi antara anggota dalam kelembagaan Pokjanal Posyandu Kabupaten Gunung Mas. Ini juga untuk meningkatkan kepedulian perangkat daerah terkait dalam menyikapi permasalahan-permasalahan pembinaan dan pengembangan posyandu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gunung Mas Slamet Kristiawan mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 45 orang yang terdiri dari pengurus Pokjanal Posyandu Gunung Mas, camat se-Gunung Mas, serta panitia rapat Pokjanal Posyandu.

“Sebagai narasumber kegiatan adalah Sekda Gunung Mas dan Kepala DPMD Gunung Mas. Semoga kegiatan ini bisa memperkuat koordinasi antara Pokjanal Posyandu dalam kaitannya dengan pembinaan dan pengembangan posyandu di Kabupaten Gunung Mas,” demikian Slamet.

Baca juga: Berikut daftar desa yang bakal melaksanakan pilkades di Gumas

Baca juga: Pemkab Gunung Mas berupaya wujudkan desa tertib administrasi

Baca juga: Cegah pernikahan dini, GOW Gunung Mas edukasi remaja