Legislator Gumas minta kades dan Pj kades sukseskan Pemilu 2024

id Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Nomi Aprilia, Gunung Mas, dprd Gunung Mas, gumas, kalteng

Legislator Gumas minta kades dan Pj kades sukseskan Pemilu 2024

Legislator Kabupaten Gunung Mas Nomi Aprilia. ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Nomi Aprilia menyambut baik pelantikan Sekretaris Camat Kurun Berjoaldi menjadi Penjabat (Pj) Kepala Desa Teluk Nyatu, dengan masa jabatan paling lama satu tahun ke depan.

Keberadaan pj kades penting guna memastikan berbagai program dan agenda berjalan dengan baik, termasuk agenda Pemilihan Umum Serentak 2024, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

"Jadi, saya harap pj kades ikut menyukseskan pelaksanaan pemilu di desa tempat yang bersangkutan bertugas. Bukan hanya pj kades, namun juga kades dan lurah," sambung politisi PDI Perjuangan ini.

Alumni Universitas Palangka Raya ini menyebut, kades, pj kades, dan lurah harus ikut berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, utamanya di desa atau kelurahan tempat mereka bertugas.

Caranya dengan turut mendukung tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta jajaran penyelenggara ad hoc berbagai tingkatan.

Selain itu, kades dan pj kades serta lurah juga berperan untuk mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilih pada hari H nanti di Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni pada 14 Februari 2024.

"Yang harus diingat, kades, Pj kades dan lurah hanya mengajak menggunakan hak pilih, bukan mengarahkan memilih salah satu peserta pemilu. Jadi netralitas harus tetap terjaga," tegas Nomi.

Dia pun berharap pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ bisa berjalan secara langsung, umum, bebas dan rahasia, serta jujur dan adil.

Baca juga: Belasan Puskesmas di Gunung Mas fasilitasi senam bersama petugas pemilu

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melantik Berjoaldi sebagai Pj Kades Teluk Nyatu, di Kuala Kurun, Rabu (31/1). Berjoaldi menggantikan kades sebelumnya yakni Jamantara, yang meninggal dunia pada akhir Desember 2023.

Kades dan pj kades memiliki peran yang sangat penting dalam memperhatikan dan memajukan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu para kades dan pj kades hendaknya selalu mendengarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat desa.

"Selalu dengarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat desa dengan hati yang tulus dan penuh keikhlasan. Jadilah pemimpin yang melayani, mengayomi, dan selalu berupaya memenuhi kepentingan masyarakat," demikian Jaya.

Baca juga: Pemkab Gumas gencarkan KIE demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat

Baca juga: Program Gunung Mas Pintar diharap pacu semangat belajar peserta didik

Baca juga: Legislator Gunung Mas sambut baik keberlanjutan program bantuan pangan