Warga Palangka Raya diminta waspadai cuaca ekstrem

id Palangka Raya,Kalteng,Cuaca Ektrem ,Sigit Widodo

Warga Palangka Raya diminta waspadai cuaca ekstrem

Legislator Kota Palangka Raya Sigit Widodo. ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo meminta warga di daerah setempat untuk mewaspadai  cuaca ekstrem seperti angin kencang yang bisa membuat pohon tumbang maupun bangunan roboh. 

"Kemarin malam ketika kondisi cuaca hujan disertai angin kencang di sejumlah titik ada pohon tumbang, beruntung personel BPBD Kota Palangka Raya langsung turun tangan menyelesaikan persoalan tersebut," katanya di Palangka Raya, Minggu.      

Sigit Widodo menyarankan kepada BPBD Kota Palangka Raya melihat kondisi seperti sekarang ini. BPBD diminta memetakan mana saja pohon-pohon yang berada di dalam kota ini yang rawan tumbang.

Dia khawatir jika banyak pohon tua tidak segera dipotong, takutnya bisa membahayakan warga baik yang sedang berada di jalan raya. Hal seperti ini memang sepele, tetapi hal ini sangat membahayakan masyarakat.

Baca juga: Ketua DPRD: Sejahterakan guru di Palangka Raya

"Memang tidak ada korban jiwa dari kejadian pohon tumbang yang terjadi di sejumlah titik di daerah kita. Namun hal tersebut jangan sampai terulang, karena dapat membahayakan masyarakat," bebernya.

Selain itu, sambung dia, alangkah baiknya masyarakat ketika melihat ada pepohonan di sekitar pemukiman nya yang rawan akan tumbang sebaiknya dipotong agar tidak membahayakan masyarakat.

"Peran masyarakat terkait hal ini tentunya sangat penting dan jangan hanya mengandalkan pemerintah saja, karena bahaya ini bisa menimpa siapa saja," demikian Sigit Widodo.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya: Stok beras aman hingga Natal dan Tahun Baru 2024

Baca juga: Diskominfo Palangka Raya optimalkan layanan SP4N-LAPOR

Baca juga: Palangka Raya jadi rujukan Pemkot Malang atasi stunting