Operasi Keselamatan Telabang 2024 Polda Kalteng kerahkan 550 personel

id Operasi Keselamatan Telabang 2024 Polda Kalteng kerahkan 550 personel, kalteng, polda, arus mudik, lebaran

Operasi Keselamatan Telabang 2024 Polda Kalteng kerahkan 550 personel

Penyerahan bantuan berupa rompi oleh PT Jasa Raharja untuk Polda Kalteng yang diterima Wakapolda Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono di Mapolda Kalteng, Senin, 4 Maret 2024. ANTARA/Rajib Rizali

Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Operasi Keselamatan Telabang 2024 yang berlangsung mulai 4 hingga 17 Maret 2024 dengan mengerahkan 550 personel.

"Operasi ini dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas," kata Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Mohammad Agung Budijono, melalui Direktur Lantas, Kombes Pol R. S. Handoyo, usai melaksanakan apel gelar pasukan, Senin.

Terdapat tujuh sasaran dan empat bentuk pelanggaran yang menjadi fokus utama dalam operasi tersebut, yakni pengendara motor yang tidak menggunakan helem SNI, berboncengan lebih dari dua orang, melawan arus.

Kemudian menggunakan ponsel saat berkendara serta berkendara dalam pengaruh alkohol, kemudian menggunakan rotator atau sirine yang bukan peruntukannya dan lain-lain.

"Dalam pelaksanaannya, kami mengutamakan tindakan secara persuasif dan simpatik, berupa memberikan edukasi, bimbingan penyuluhan, sosialisasi," ucapnya.

Lebih lanjut Handoyo mengatakan, dalam Operasi Keselamatan Telabang 2024 ini pihaknya tidak melakukan razia atau tilang di jalan raya.

Baca juga: Dishanpang Kalteng prediksi harga beras melandai hadapi Ramadhan

Pihaknya menggunakan ETLE atau tilang elektronik statis maupun mobile, sehingga jika nantinya terdapat pelanggaran, maka pihaknya akan memberikan blanko teguran.

"Dalam operasi ini, kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, Polisi Militer, PT Jasa Raharja, maupun instansi terkait lainnya," ujarnya.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, juga dilaksanakan penyerahan bantuan berupa 150 trafficone, 30 barikade dan 100 lembar rompi lalu lintas, yang diberikan oleh PT Jasa Raharja.

Bantuan tersebut diberikan guna mendukung jalannya Operasi Keselamatan Telabang 2024, agar personel yang terlibat dapat lebih maksimal dalam menjalankan tugas.

"Diharapkan, pelaksanaan kegiatan Operasi Keselamatan Telabang 2024 dapat berjalan dengan lancar demi menciptakan situasi Kamtibmas maupun Kamseltibcarlantas yang kondusif," demikian Handoyo.

Baca juga: GPM mampu intervensi komoditas penyumbang inflasi di Kalteng

Baca juga: Pemprov Kalteng jadikan aspirasi masyarakat referensi utama tentukan kebijakan

Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan 'best practice' optimalkan LPj Pj kepala daerah