Manfaatkan Faba, DPMD Kapuas gagas kerja sama desa dengan PT PLN

id Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas, Kepala DPMD Kapuas , Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Budi Kurniawan, DPMD Kapuas, Kalteng

Manfaatkan Faba, DPMD Kapuas gagas kerja sama desa dengan PT PLN

Suasana pertemuan Pemkab Kapuas dengan PT PLN Nusantara Power Pulang Pisau membahas kerja sama pemanfaatan Faba untuk desa, di Kuala Kapuas, Senin (12/8/2024). ANTARA/ HO-DPMD Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Budi Kurniawan mengakui bahwa pihaknya menggagas kerja sama desa dengan PT PLN Nusantara Power Pulang Pisau, sebagai upaya memanfaatkan Faba atau material sisa dari proses pembakaran batu bara. 

"Faba ini bisa dimanfaatkan untuk membuat batako dan bahan bangunan lainnya yang dapat menjadi nilai ekonomi pemasukan desa itu," kata Budi Kurniawan usai pertemuan dengan PT PLN Nusantara Power Pulang Pisau, di Kuala Kapuas, Senin.

Kerjasama ini juga, lanjut dia, terkait dengan  mendorong upaya penurunan gas emisi karbon melalui penanaman tanaman bio massa sebagai nanti bahan baku dasar bagi PLN mengurangi penggunaan batu bara.

"Salah satu desa yang bekerja sama dengan PT PLN Nusantara Power Pulang Pisau ini adalah Desa Rawa Subur, Kecamatan Kapuas Murung," ucapnya.

Dari hasil kerja sama ini, lanjutnya, nanti ada beberapa hal yang bisa menjadi manfaat bagi desa, salah satunya pembuatan bahan bangunan yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan batako dan lain sebagainya.

"Nanti ini bisa dijual oleh desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ke pihak ketiga atau ke desa lain," beber Budi Kurniawan.

Mengenai tanaman bio massa ini juga akan dibeli oleh PT PLN Nusantara Power, sehingga masyarakat desa pun nanti tentunya menjadi tambahan penghasilan, dan pemerintah desa pun Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya akan meningkat, melalui konsep kerjasama ini.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas resmikan panggung perahu naga Bukit Ngelangkang

DPMD Kapuas pun berharap desa-desa yang memang sudah bisa menemukan dan mengenali potensi desanya masing-masing, dapat menjadi barometer. Termasuk mengenali potensi desanya masing-masing.

"Kemudian potensi itu dimanfaatkan dan dikerjasamakan dengan pihak lain yang memang ada kompetensi untuk pengembangannya. Termasuk tadi di desa Rawa Subur," ujarnya.

Kepala DPMD kabupaten Kapuas pun menyambut baik kerja sama tersebut, semoga ini bisa berjalan terus dan nanti akan memberikan manfaat desa baik bagi pemerintah desa maupun bagi masyarakat di desanya dalam bentuk meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan hidup masyarakatnya.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung kerja sama pengelolaan perpustakaan dan kearsipan desa

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas yakin Pramuka mampu hasilkan generasi penerus terbaik

Baca juga: Teras Narang apresiasi dimulainya rekonstruksi jembatan bowstring Mandomai